Sel. Mei 21st, 2024

MediaSumut24.com, Medan.
Bupati Labuhanbatu Utara Hendri Yanto Sitorus mendukung sepenuhnya terbentuknya Dewan Harian Cabang Badan Pembudayaan Kejuangan 45 (DHC) 45 Kabupaten Labuhanbatu Utara. Hal itu diungkapkan Hendri Yanto Sitorus saat bersilaturrahim dengan Ketua Umum Dewan Harian Daerah (DHD) 45 Sumut Mayjen TNI (Purn.) M. Hasyim, Selasa (27/12/23) di VIP Room Bona Petit, Aek Kanopan.

“Saya memahami bahwa jiwa, semangat dan nilai-nilai juang 45 yang diwariskan Angkatan 45 harus dilestarikan dan ditularkan kepada generasi muda. Untuk itu, saya menyambut baik dan sepenuhnya mendukung terbentuknya DHC 45 Kabupaten Labuhanbatu Utara ini, ” katanya.

DHD 45 adalah organisasi yang dibentuk oleh Pemerintah melalui Surat Keputusan Presiden No. 50 tahun 1984 dan ditindaklanjuti melalui Surat Menteri Dalam Negeri No. 220.2/3980.D.III tanggal 21 Oktober 2014 dan telegram Mendagri No. 910/10053/51 tanggal 16 November 2018.
Tujuannya adalah membudayakan jiwa, semangat, dan nilai-nilai juang 45 yang harus terus menerus disosialisasikan dan dibumikan kepada generasi muda bangsa.

Sebagai kabupaten hasil pemekaran, memang di Labura baru terbentuk DHC nya beberapa waktu lalu. Beruntung, beberapa waktu lalu beberapa tokoh di Labura berinisiasi membentuk kepengurusan DHC 45 Kabupaten Labuhanbatu Utara dan sudah di-SK-kan dengan Ketua terpilih Kapten (Purn,) Setu.

Sementara itu Ketua Umum DHD 45 Sumut Mayjen TNI (Purn.) M. Hasyim menitipkan DHC 45 Kabupaten Labuhanbatu Utara kepada Bupati agar dapat membantu pemerintah dalam membangun Kabupaten Labura.

Menurut Hasyim, kepengurusan DHD Badan Pembiayaan 45 Provinsi Sumatera Utara periode 2019-2024 dikukuhkan oleh
Gubernur Sumatera Utara pada 5 Oktober 2020 lalu.

Sebagai organisasi bentukan pemerintah dan yang difasilitasi oleh pemerintah, maka kewajiban DHD 45 memberikan kontribusi pembangunan bangsa dan negara khususnya di Sumatera Utara. Untuk melaksanakan fungsi tersebut, sesuai dengan AD/ART, DHD 45 memiliki cabang di kabupaten/kota hingga ke tingkat kecamatan. Untuk melaksanakan fungsi tersebut, keberadaan organisasi ini sesuai dengan AD/ART memiliki cabang di kabupaten/kota hingga ke tingkat kecamatan.
Dalam kesempatan silaturahim tersebut ikut juga hadir Ketua DHC 45 Kabupaten Labuhanbatu Utara Kapt. Setu dan Sekretaris Jimmy Maulana. Sementara Ketua Umum DHD Sumut didampingi I Bendahara Umum Irene. Vivo Savitri dan Kepala Sekretariat Dra Harun Al Rasid. (Rl/Fajar)