Sel. Mei 21st, 2024

MediaSumut24.com, Deli Serdang. –Dengan mengadakan Musrenbang Desa Tala Peta Kecamatan STM Hilir Kabupaten Deli Serdang berjalan lancar dan sukses,antara lain guna untuk pembangunan dan kebutuhan untuk warganya.
Adapun Musrenbang tersebut yang dihadiri para tamu Kasi PMD Andi Sembiring,Ketua BPD,Tokoh Masyarakat,Tokoh Agama,Kades,Sekdes,Babin Katibmas dan Bidan Desa serta Kadus bersama warganya.

Dalam keterangan Kepala Desa Manase Barus kepada Media Sumut 24 pada hari Selasa (16/1) di aula balai desa mengatakan,Dari setiap tahun diadakan” Musrenbang Desa”agar pengunaan dari Dana Desa(DD) dan Kabupaten dapat dipergunakan sesuai dengan fungsinya,kemana Anggaran Dana Desa dan Kabupaten tersebut dianggarkan,jelasnya Kades.

Dari sekian yang hadir untuk mengikuti jalannya Musyawarah Rencana Pembangunan untuk di desanya,agar semua warga mengetahui gimana dana tersebut disalurkan,ujarnya Kades.
Disamping itu juga, ungkapan usulan para lima Kepala Dusun,dari Dusun I sampai ke Dusun V mempunyai usulan yang berbeda,dikarenakan dari lima(5) Kadus yang ada di Desa Tala Peta Kecamatan STM Hilir.Untuk pengusulan dari setiap dusun merupakan salah satu kebutuhan warga,agar pengunaan dana tersebut dapat terkordinir secara konsisten.Tetapi usulan kesemuaan itu bukanlah dapat diterima semuanya,melainkan ada penyaringan secara khusus dengan banyak pertimbangan yang mendetail,katanya Kades.

Ditambahkan sekali lagi Kasi PMD Kecamatan STM Hilir Andi Sembiring menyampaikan hal ini,untuk menyikapi usulan dari warga,yang di suarakan setiap Kadus dari lima Dusun yang harus diproritaskan 1.SPT di dusun II. 2.Pembangunan Drannase di Dusun II dan III. 3.Pengaspalan Jalan Desa mencapai 3 km. 4.Pembuatan Drannase di Dusun IV.
5.Pembuatan Pupuk Organik.
Dengan pengusulan dari 5 yang diproritaskan hasil Musrenbang untuk anggaran tahun 2024 ini usai disepakati,dengan menghasilkan upaya warga bersama seluruh yang hadir dalam acara tersebut,dengan berjalan baik dan lancar.
Kades Manase Barus mewakili warganya,dengan usainya acara ini,tidak lupa mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung acara tersebut,sekali lagi saya pribadi apabila ada kesalahan dalam ucapan mohon maaf kesemuanya. (Azhari Pulungan).