Sel. Mei 28th, 2024

MediaSumut24.com, Deli Serdang. •Pelaksanaan Musrenbang di Desa Marindal I Kecamatan Patumbak Kabupaten Deli Serdang berjalan baik sesuai dengan keinginan warganya. Adapun Musrenbang tersebut dibuat, karena adanya Dana Desa dan PAD Kabupaten.

Dalam pelaksanaan Musrenbang ini dihadiri para tamu dari Kecamatan Patumbak yang diwakili Kasi PMD Saiful,Babinsa,Tokoh Agama, Masyarakat,BPD,LPM dan 11 Kadus beserta warganya.

Dalam keterangan ini Kades Marindal I Ir.Ardianto kepada Media Sumut 24 hari Kamis,(18/1) di Aula Kantor Desa mengatakan, dengan adanya Musrenbang ini, kita semua yang hadir dapat mendengar serta memberi usulan kepada semua pihak terkait dibidang ini.
Untuk menindak lanjuti semua usulan dari 11 kadus yang mewakili masing masing warganya,agar bisa di terima oleh pemerintah.Tetapi dalam usulan tersebut tidak bisa semua diterima,sebab anggaran dana desa tahun 2024 terbatas.Dari itu kesemuaan usulan diterima nantinya,tetapi bukan disetujui sekarang,hanya yang bisa disetujui pemerintah 5 usulan dengan pola yang sama dari semua dusun yang telah membutuhkan yang lebih penting saat ini.Dari semua usulan 11 kadus mana yang terpenting terlebih dahulu diutamakan, kata Kades.

Disamping itu juga,masih banyak untuk kepentingan warga seperti dalam usulan yang paling banyak pembuatan dranase,jalan yang rusak,jalan tembus serta pembuatan gorong gorong ini semuanya penting untuk kebutuhan warga.Karena apabila ini tidak di kerjakan membuat suasana semakin membahayakan bagi warga setempat,dikarenakan datangnya banjir,apabila datang hujan.Untuk itu kami semua Kadus sudah mupakat,agar setiap dusun yang memerlukan pembangunan yang sifatnya sangat sulit buat masyarakat apabila tidak disegerakan untuk dibangun.Dari itu keputusan bersama semua dusun setuju,yang lebih di utama untuk dibangun agar dusun tersebut tidak menimbulkan masalah lagi.Dan bagi dusun yang sudah ada pembangunan diharapkan dapat bergantian, agar semua ini terus berjalan sesuai harapan kita semua,katanya Kasi PMD.

Selanjutnya,Kades Ardianto memberi arahan dan petunjuk,agar warga dapat bersabar,karena anggaran desa kita terbatas,dari itu mari kita terus berusaha agar pemerintah dapat menambah jumlah anggaran dan pembangunan untuk desa kita,ujarnya Kades.
Ardianto menambahkan lagi,dari semua usulan perlu kita tanggapi semua,tetapi bukan di tahun ini melainkan di tahun berikutnya,agar warga semua dapat merasakan pembangunan merata,kemudian untuk itu kami harapkan kepada seluruh warga dan kadus bisa menerima apa adanya saat ini,demi untuk kemajuan desa kita di tahun yang akan datang dapat menambah pembangunan serta bertambahnya dana desa. (Azhari Pulungan).