Sel. Mei 28th, 2024

MediaSumut24.com, Paluta. – Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Hassanudin melakukan kunjungan kerja (Kunker) ke Padanglawas (Palas) dan Padanglawas Utara (Paluta). Bertemu dengan ribuan masyarakat, kepala desa, tokoh masyarakat, tokoh agama, guru dan jajaran Pemerintahan Kabupaten.

Pada kunjungan tersebut, Hassanudin mengajak masyarakat Palas dan Paluta ikut serta menyukseskan Pemilu 2024, dengan menggunakan hak suara masing-masing. Dengan begitu, tingkat partisipasi pemilih pada Pemilu 2024, bisa meningkat.

“Saya mengajak untuk memastikan diri terdaftar dalam daftar pemilih, gunakan hak suara kita,” kata Hassanudin, saat bertemu dengan para kepala desa, guru, kepala sekolah, tokoh masyarakat dan agama di Gelanggang Olahraga Palas Bercahaya, Sibuhuan, Palas, Selasa (30/1).

Sebagai Pj Gubernur, Hassanudin berharap, Pemilu yang akan datang dapat berlangsung dengan sukses dan damai di wilayah Palas. Untuk itu, Ia berharap seluruh elemen masyarakat dan pemerintah bergandengan tangan menyukseskan Pemilu.

“Saya berharap kita berkolaborasi antara Pemerintah Provinsi, kabupaten, penyelenggara, aparat keamanan dan seluruh masyarakat, menyukseskan pemilu dengan lancar tanpa ada gangguan sekecil apapun,” kata Hassanudin.

Menurutnya, ada beragam risiko yang perlu diperhatikan, seperti potensi tindakan provokatif atau kekerasan yang dapat menciptakan polarisasi di antara kelompok politik. Bila tidak dikelola dengan bijak, perbedaan pandangan dapat berkembang menjadi ketegangan yang merugikan stabilitas dan keamanan.

“Untuk itu saya juga mengimbau dan mengajak kita semua untuk menjaga persatuan dan kesatuan, dan mendukung sepenuhnya Pemilu dan Pilkada serentak yang aman, demokratis, sejuk dan damai, serta menaati semua peraturan perundang-undangan yang berlaku,” ujar Hassanudin.

Selain itu, Hassanudin juga mengajak masyarakat menjadi peserta Pemilu yang cerdas dan berintegritas. Juga bijak menggunakan media sosial, dengan tidak mudah terprovokasi isu yang mengandung SARA dan hoaks.

“Saya juga mengajak untuk menolak dan melawan segala bentuk politik uang, black campaign, fitnah, politisasi SARA, hoaks dan pelanggaran hukum lainnya, serta meningkatkan kepedulian dan solidaritas antar warga,” ajak Hassanudin.

Plt Bupati Palas Ahmad Zarnawi Pasaribu melaporkan pada Hassanudin, bahwa situasi dan kondisi di Palas saat ini aman dan terkendali. “Palas aman terkendali, pemerintah dan seluruh elemen berada pada jalur tengah, tidak boleh ke kiri, tidak ke kanan, untuk menciptakan keamanan seluruh elemen bergandeng tangan,” katanya.

Di Desa Hadungdung, Kecamatan Portibi, Padanglawas Utara, selain mengajak masyarakat untuk menggunakan hak pilih, Hassanudin bersama Pj Ketua TP PKK Sumut Dessy Hassanudin juga melakukan penanaman padi di areal persawahan desa tersebut, dalam rangka Gerakan Sumut Menanam. Di Palas dan Paluta, Hassanudin menyerahkan bantuan alat pertanian dan benih.

Turut hadir Pj Bupati Padanglawas Utara Patuan Rahmat Syukur Hasibuan, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Agus Tripriyono, Kepala Bappelitbang Sumut Hasmirizal Lubis, Kepala BKAD Sumut Ismael Sinaga, Kepala Dinas Kesehatan Sumut Alwi Mujahit, dan OPD Pemprov Sumut lainnya.
(Dks/R.Harefa)