Sel. Mei 21st, 2024

MediaSumut24.com, Medan. •DR H Rahmat Shah gelar Datuk Seri Duta Paduka Raja mengadakan syukuran dan silaturahmi atas penerimaan Anugrah Kurnia Gelar Datuk Seri Duta Paduka Raja dari Kesultanan Deli, Pemilu Lancar dan Damai serta menyambut bulan suci Ramadhan 1445 H / 2024 M di Legend International Hall ‘RAHMAT’ International Wildlife Museum & Gallery di Medan pada Jumat 8 Maret 2024. Rahmat Shah mengucapkan terima kasih kepada semua tamu yang hadir terutama kepada Duli Yang Maha Mulia Seri Paduka Sultan Mahmud Aria Lamantiji Perkasa Alam Shah yang tekah memberikan kepercayaan pada dirinya dengan menganugerahkan gerlar tersebut.

“Saya bersyukur dan berterima kasih kepada Sultan Deli yang telah percaya memberi saya gelar Datuk Seri Paduka Raja. Semoga gelar ini memicu dan membuat saya sehat mengabdi untuk bangsa dan negara. Dalam menyambut Ramadhan saya dan keluarga besar mohon maaf lahir bathin. Semoga apa yang kita buat dalam Ramadhan diridhoi Allah SWT,” ujarnya di hadapan para tetamu termasuk Sultan Deli juga hadir.

Kita juga, lanjut Rahmat Shah, patut bersyukur karena dalam beberapa minggu ini baru saja melaksanakan Pemilihan Umum pada 14 Pebruari 2024 dalam memilih Presiden, DPD dan Anggota legislatif di tingkatan Kabupaten/Kota, Provinsi dan Pusat. “Alhamdulillah Pemilu yang baru kita lalui berjalan aman dan lancar. Terhadap keputusan siapa yang unggul, kita tunggu saja apa keputusan dari KPU,” katanya.

Sebgai bangsa yang besar dan memiliki beragam suku serta budaya, maka kita harus saling hormat dan menjaga kesatuan dan persatuan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). “Kita jangan saling hujat, kita jangan saling menebar benci. Mari kita hormati keputusan tetap nantinya terhadap siapa yang memimpin bangsa ini. Sebab ketiga calon Presiden dan Wakil Presiden yang ikut berkompetisi pada Pilpres 2024 adalah putra-putra terbaik bangsa Indonesia,” jalasnya lagi.

Rahmat Shah yang berdarah Melayu dari garis keturunan Ibundanya ini, dalam setiap giat dan kesibukannya masih sempat menyedikan waktu untuk saling bersilaturhami dengan para sahabat, kolega dan teman-temanya semua. “Dalam bersilaturahmi, kita tentu ada salah ada benar. Maka kita harus kompak dan saling membantu,” ujar Rahmat Shah yang juga Kosulat Turki di Medan.

Katanya, dari sejumlah penghargaan dan anugerah yang ia terima sekira 800 penghargaan lebih, seperti dari Inggris ia dianugerahkan Lord, ada penghargaan AS, Eropah dan lainnya beragam penghargaan dari dalam maupun luar negeri. Itu semua tidak membuatnya lupa diri kepada masyarakat. “Yang penting Rahmat tempat semua meminta dan kita bantu masyarakat,” katanya.

Sebagai Konsul Turki di Medan ia telah memperjuangkan hubungan perdagangan dengan berbagai negara luar dan mendapatkan keuntungan-keuntungan lainnya bagi Negara Indonesia. Sebab lalu lintas perdagangan dari Provinsi Sumatera Utara ke Turki dan ke negara lainnya yang berdekatan dengan Turki terus mengalami peningkatan yang sangat signifikan.

Sebagai Kepala Kebun Binatang Seluruh Indonesia dan untuk melestarikan dan mempertahankan budaya, Rahmat Shah tetap eksis memperjuangkan kehidupan hewan-hewan dalam kebun binatang tersebut. Di Lembaga Konservasi Hewan yang memeilhara sekira 70.000 hewan, mul;ai dari masa sebelum Covid, masa Covid hingga sekarang masih bisa terselamatkan. ”Untuk biaya makan sebulan kita butuh dana triliunan ruipiah. Apal;agi saat masa Covid, kita tutup sehingga tak ada dana masuk. Tapi kawan-kawan membantu, Alhamdulillah berhasil dan hewan-hewan terselamatkan,”.

“Tapi dari semua kesibukan dan ratusan penghargaan yang saya terima, Penghargaan dari Kesultanan Deli ini sangat membanggakan diri saya, walau saya sudah memiliki lebih 800 penghargaan dari seluruh dunia. Yang penting biar orang menanam buluh, kita tetap menananm ubi. Biar orang menebar musuh, tetapi kita tetap menanam budi,” tutup Rahnmat Shah dalam sambutnnya yang dihiasainya dengan pantun.

Acara syukuran penerimaan gelar dan penyambutan Ramadhan diisi juga tausiah disampaikan Ustad Prof H Amiruddin MS. Selanjutnya Dr Sahyan Asmara membacakan 10 Kiat Sukses seorang Rahmat Shah bertajuk ‘Kiat Sukses, Sejahtera, Mulia dan Bahagia’. Petikan kata-kata dalam kiat tersebut adalah. “Maaf saya hanya seorang anak desa tetapi memiliki saudara dan sahabat yang luar biasa maka persahabatan kita yang tulus dan ikhlas di atas segalanya. Hingga kita dapat memakmurkan dan mensejahterakan Masyarakat, Bangsa dan Negara. Dengan menjalankan amanah dan tanggung jawab sesuai bidang kita masing-masing dengan baik.”
(Fajar)