Sel. Mei 21st, 2024

MediaSumut24.com, Karo.
Atas surat mandat yang diberikan oleh DPW IMO Indonesia Provinsi Sumatera Utara pada Jan Warista Ginting untuk membentuk Ketua DPD IMO Indonesia Kabupaten Karo, maka pada hari Minggu tanggal 10 Maret 2024 di Open Steak, Taman Mejuah-Juah Berastagi, Karo dalam rapat itu telah terbentuk DPD IMO Indonesia Kabupaten Karo. Mereka yang hadir dalam rapat itu telah sepakat dengan memilih Jan Warista Ginting sebagai Ketua DPD IMO Indonesia Kabupaten Karo.

Dengan terpilihnya Ketua IMO Kabupaten Karo maka Jan Warista Ginting mengatakan sangat berterima kasih atas kepercayaan dan amanah yang diberikan kawan kawan yang tergabung atas kepercayaan yang diberikan kepadanya. Untuk itu kedepannya ia akan amanah memegang jabatan ini dan segera menyusun susunan kepengurusan IMO Indonesia Kabupaten Karo. Setelah tersusun Kepengurusan Kabupaten Karo maka mereka sepakat, akan mengadakan Pelantikan IMO Indonesia Kabupaten Karo dalam waktu dekat ini.

Selain itu juga Jan Warista Ginting membahas susunan kerja dan kemajuan gerak Organisasi Wadah Ikatan Media Online Indonesia di Kabupaten Karo (IMO). Dan Ginting berharap kedepannya IMO Indonesia di Kabupaten Karo dapat menjadi wadah organisasi media online yang adil ke semua media digital yang ada di Kabupaten Karo. Selain itu juga ia menerangkan juga IMO Karo dapat menjadi Payung/Pelindung bagi setiap anggota yang memilih bernaung di wadah tersebut,  ucapnya dengan nada lembut saat memimpin rapat.

Selain itu juga dijelaskan bahwa Media Online juga disebut media daring (dalam jaringan), media online pada pengertian umum ialah segala jenis atau format media yang hanya bisa diakses melalui koneksi internet yang berisikan teks, foto, video, serta bunyi (audio). dengan istilah lain, media online bisa diartikan menjadi media yg bisa diakses melalui internet.

Media daring digunakan sebagai sarana penyampaian informasi yang cepat, dan tidak terbatas ruang serta waktu. Misalnya masyarakat Indonesia bisa mengetahui peristiwa terkini yang sedang terjadi di luar negeri. Begitu pula dengan warga negara lainnya yang bisa mengetahui informasi terkini tentang Indonesia.

Dikatakannya lagi Media Online juga salah satu Instrumen Negara dalam hal penyajian berita kepada masyarakat, dan juga bisa digunakan untuk Penggerak Mesin Politik untuk menimbulkan Opini Publik yang Positif (Simpati) atau juga Opini Publik yang Negatif (Antipati) terhadap Partai atau Kandidatnya.

Selanjutnya dikatakan Ketua DPD IMO Kabupaten Karo terpilih, Jan Warista Ginting adapun Media Online ini mempunyai beberapa Karakteristik Antaralain :
1. Multimedia yaitu dapat memuat atau menyajikan berita/informasi dalam berbagai bentuk pada sebuah konten berupa Teks, Audio, Video, Grafis, dan gambar secara bersamaan.
2. Aktual, berita yang disajikan benar-benar nyata dari apa yang terjadi pada saat peristiwa baru terjadi.
3. Cepat, karena begitu berita selesai di upload, semua orang langsung bisa mengakses.
4. Mudah di Update.
5. Kapasitas luas menjangkau ke berbagai wilayah dan fleksibel dan tidak terbatas ruang dan waktu.
6. Interaktif dimana pembaca atau penonton dapat langsung memberikan kritik dan saran dimenh komentar dan Chat-Room.
7. Terdokumentasi informasi tersimpan di bank data atau (arsip) dan dapat ditemukan melalui Link “Artikel terkait” dan fasilitas “cari” (Search).
8. Hyperlinked yaitu saling terhubung dengan sumber-sumber lain (Links) yang berkaitan dengan informasi tersaji.

Jan Warista Ginting sebagai Ketua terpilih DPD IMO Karo yang kesehariannya menjabat Kabiro MetroEkspress.com Kabupaten Karo berpesan kepada seluruh anggota tergagung nantinya di IMO Karo, agar tetap bijak sewaktu menyajikan berita di Medianya masing-masing, “jangan karena kepentingan pribadi merusak nama baik organisasi IMO Karo,  saya berharap supaya sama-sama kita bergandeng tangan dengan pihak Pemkab Karo untuk memajukan pembangunan daerah ini melalui pemberitaan yang profesional, berimbang dan akurat ucapnya dengan penuh harap. (Zul)