Sel. Mei 28th, 2024

MediaSumut24.com, PEMATANGSIANTAR. – Meski pemilihan kepala daerah (Pilkada) di Kota Pematangsiantar masih lama lagi digelar sekitar November 2024 mendatang, beberapa nama sudah mulai bermunculan ingin berkompetisi mengikuti Pilkada serentak.

Adapun nama – nama yang disebut-sebut sudah muncul seperti Fawer Full Sihite, Andika Prayogi Sinaga, SE, Mangatas Silalahi, Ronald Darwin Tampubolon, Timbul Marganda Lingga, Ilhamsyah Sinaga dan Netty Sianturi.
Nama teranyar yang baru muncul yakni Koni Ismail Siregar mantan Wakil Walikota Pematangsiantar periode 2010 – 2015. Nama Koni muncul saat digelar Hari Ulang Tahun ke – 2 komunitas Cerita Siantar Dulu (CSD) yang di Kerabat Kopi Siantar Barat Kota Pematangsiantar beberapa waktu yang lalu.

Koni yang juga salah satu Penasehat CSD ini mengutarakan pada masa tahun 80 – 90 an Kota Pematangsiantar memiliki banyak keunggulan dibandingkan dengan kota lainnya yang ada di Sumatra Utara.
“Untuk itulah muncul keinginan saya kembali mewujudkan kejayaan kota Pematangsiantar seperti tahun sebelumnya. Pematangsiantar di zamannya pernah meraih piala Adipura Kencana tiga kali berturut-turut, selain itu juga menyandang predikat kota terbersih se Indonesia,” ungkap Koni di Pematangsiantar, Sabtu (30/3).
Kejayaan Kota Pematangsiantar sebagai kota pendidikan dan kota tujuan wisata lanjut Koni harus dikembalikan seperti tahun-tahun sebelumnya.

“Dahulu orang dari Toba yang datang ke Kota Pematangsiantar untuk mendapatkan pendidikan. Saat ini justru kebalikannya, warga Pematangsiantar yang pergi ke Balige untuk mendapatkan pendidikan seperti di Institut Teknologi Del dan sekolah Taruna” ungkapnya.
Untuk itu, ke depan Kota Pematangsiantar harus memprioritaskan pembangunan kemajuan pendidikan, tujuan wisata dan ekonomi kerakyatan termasuk juga dengan penataan kota.
“Dan kepada masyarakat kota Pematangsiantar diharapkan mampu memberikan sumbangsih seperti ide maupun pemikiran untuk mewujudkan kota Pematangsiantar lebih baik dari sebelumnya,” pungkasnya.
(Rl/Fajar)