Sel. Mei 21st, 2024

MediaSumut24.com, Medan. •Jamaah Calon Haji yang tergabung dalam Kelompok Terbang (Kloter) I asal Kabupaten Asahan memasuki Asrama Haji Pangkalan Mansyur Medan, Minggu (12/5/2024). Jumlah jamaah Kloter I yang dijadwalkan berangkat Senin pagi berjumlah 360 orang.
Satu per satu calon jamaah haji lansia dihampiri Kepala Kantor Kementerian Agama Sumatera Utara (Kakan Kemenag Sumut) H Ahmad Qosbi SAg MM.

Diantaranya adalah jamaah calon haji asal Kabupaten Asahan, bernama Simah Br Damanik berusia 94 tahun. Ia tampak bahagia dan bisa berangkat tahun ini. “Sehat sehat ya Nek berangkat haji nenek ke Makkah dan Madinah semoga nenek menjadi haji.mabrurah,’ ucap Qosbi.

Selanjutnya orang nomor satu di Kantor Wilayah Kementrian Agama Sumatera Utara H Ahmad Qosbi, SAg, MM berpesan kepada para jamaah calon haji asal Kabupaten Asahan, agar tetap menjaga kesehatan, terkhusus untuk jamaah calon haji yang berusia lanjut. “Diminta kepada pendamping jamaah agar kondisi ini betul-betul diperhatikan secara baik termasuk kepada para petugas haji yang sudah ditunjuk agar benar-benar memperhatikan jamaah kita ini, hal ini sesuai arahan Menteri Agama dan program Kementerian Agama RI tahun 2024 ini. kitabharus sukseskan program Haji Ramah Lansia, ini wajib diperhatikan secara sungguh-sungguh,”ujar Kanwil di sela-sela penyambutan jamaah calon haji Kloter I asal Kabupaten Asahan di Asrama Haji Pangkalan Mansyur Medan.

Berdasarkan jadwal, Kloter I diberangkatkan menuju Tanah Suci pada Senin (13/5/2024) pukul 05.00 WIB langsung menuju Bandara Kualanamu Deli Serdang dengan menggunakan pesawat Garuda Indonesia. “Sesuai kesepakatan dengan semua pihak panitia maka jamaah calon haji harus sudah sampai ke bandara sekira.pukul 07.00 WIB dan kemudian untuk take off,” demikian Qosbi. (Rl/Fajar)