Sel. Mei 21st, 2024

MediaSumut24.com, Medan. •Tepat sekira pukul 07.00 WIB rombongan bus yang membawa jamaah calon haji asal Kabupaten Asahan tiba di Asrama Haji Medan pada Minggu (12/05/2024). Sekira 360 jamaah calon haji ini tergabung dalam Kloter I Embarkasi Medan 2024 yang akan berangkat menuju Tanah Suci Makkah pada Senin 13 Mei 2024.
Kehadiran jamaah calon haji Asahan Kloter I disambut Pj Gubernur Sumatera Utara dan Kakan Kemenag Sumatera Utara di Aula Jabal Nur Asrama Haji Medan.
Pj Gubernur Sumatera Utara diwakili Asisten Pemerintahan Pemprovsu Basirun Tanjung mengatakan yang pertama salam hormat dr Pj Gubsu. beliau tak dapat hadir sebab ada kegiatan. “Kepada kami ditugaskan untuk menyambut jamaah calon haji Asahan. Insya Allah besok pagi saat pemberangkatan beliau hadir. Doa kami semoga seluruh jamaah haji Kloter I sehat-sehat. Apalagi besok pagi akan berangkat ke Bandara Kualanamu menuju Tanah Suci,”ujarnya.
Doa kita, kata Basirun, mulai hari ini sampai besok berangkat ke Tanah Suci dan sampai lagi ke tanah air, semua jamaah sehat dan menjadi haji mabrur dan tiada kurang satu apapun. “Tahun lalu saya berangkat dan satu kloter dengan jamaah Asahan. Saya dapati semua bisa bekerjasama dan kompak walau separuh jamaah yang berangkat adalah lansia. Hari ini jamaah lansia berkurang sehingga kita harapkan jamaah haji bisa lebih baik dan lebih sempurna. Dan syukur satu kloter satu pesawat dari Asahan semua sehingga para jamaah bisa saling menolong. Sekali lagi kita doakan semua jamaah sehat-sehat l, selamat di Madinah, selamat di Makkah dan selamat kembali ke Tanah Air dan semua menjadi haji mabrur,”ucap Tanjung.

Sementara itu Kabid Penerimaan dan Pemberangkatan Haji Embarkasi Medan, DR H Torang Rambe mengatakan sampai di Jabal Nur, kita lakukan pelayanan satu atap. Para jamaah akan mendapatkan semua kebutuhan dan persyaratan tentang haji. “Selamat datang sampai disini, semoga bertambah sehat dan kuat untuk berangkat. Setelah makan, kita akan lanjutkan pemeriksaan kesehatan semoga semua jamaah tetap sehat. Lalu setelah itu serahkan SPMA ke petugas lalu diterima imigrasi, beri identitas lalu ada duit living cost. Semua.jamaah akan mendapatkan itu. Pesan kami setelah sampai kamar hotel, istirahatlah sebanyak-banyaknya, sebab pukul 03.00 wib kita masuk ke Asrama Haji Madinatul Hujaj.
Jagalah vitalitas kesehatan bapak dan ibu. Jangan keluar dari asrama haji. Kepada korum sore kita akan gelar pemantapan. Sehingga kita sebagai kloter pertama dan sebagai kloter yang terbaik.

Sementara Dr Zakirman dari Kemenkes Kantor Medan menerangkan tentang perbekalan yang diterima jamaah seperti masker obat obatan dan lainnya. Lalu semua jamaah diproses secara bh administrasi kesehatan dan lainnya sampai siang menjelang makan siang dan sholat Zuhur. Acara dibawakan oleh MC Hj Murnisyah Nasution. Hadir sejumlah pejabat dari Pemprovsu dan Kemenagsu antara lain : Asisten Pemprovsu Basirun Tanjung, Kakanwil Kemenag Sumut, H Ahamad Qosbi, Kabid Penerimaan dan Pemberangkatan Haji, Torang Rambe, Kadis Kesehatan Sumut, Rusdin Pinem, Kabid Penyelebggara Haji dan Umroh, Zulpan Effendi, Kabag TU Kemenag Sumut, M Yunus dan lainnya. (Rl/Fajar Trihatya)