Sel. Mei 21st, 2024

Hari Ini Take Off Dilepas Walikota Medan

MediaSumut24.com, Medan. : Sampai Rabu 15 Mei 2024 sudah tiga Kloter jamaah calon haji Embarkasi Medan diterbangkan ke Tanah Suci dari Bandara Kualanamu Deli Serdang. Sekira 1.093 jamaah calon haji sudah sampai di Tanah Suci dan Alhamdulillah semuanya sehat dan selamat.
Usai keberangkatan Kloter III, sekira 360 jamaah calon haji Kloter 4 terdiri dari 244 jamaah KBIHU Multazam Asy Syafii, 45 jamaah KBIHU Jabal Noor, 62 jamaah Al Anshor dan 1 jamah open seat, tiba si Aula Jabal Nur Asrama Haji Medan Rabu (15/5/2024).
Ketibaan 360 jamaah calon haji Kloter 4 tersebut disambut sejumlah pejabat Kemenag Sumut diantaranya H Zulfan Effendi SAg MSi, Sekretaris Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Medan yang juga Kabid Penyelnggaraan Haji dan Umroh lalu ada H Eri Nova SE dan lainnya.
Dalam sambutannya Zulfan Effendi mengatakan jamaah yang tiba di Asrama Haji Medan akan diproses secara administrasi dalam satu pintu atau satu atap yang dikenal dengan istilah one stop service. “Setelah semua.jamaaj calon haji masuk aula, maka satu persatu diperiksa kesehatannya, diberikan gelang identitas, pemberian pasport dan visa haji lalu menerima living cost sebesar 750 Riyal SA dan selesai,” urainya.
Jadi kata dia, pelayanan kepada.jamaah calon haji ketika sudah tiba di Embarkasi Medan diselesaikan dalam satu gedung, setelahnya jamaah lanjut ke hotel. Artinya dengan diterapkanj sistem seperti ini maka waktu jamaah lebih banyak beristirahat untuk persiapan berangkat ke Tanah Suci esok harinya.
Jamaah calon haji Kloter 4 yang semuanya asal Medan dijadwalkan akan dilepas Walikota Medan pada Kamis 16 Mei 2014 sekira pukul 2.45 WIB dan take off pada pukul 19.00 WIB.
Dalam kesempatan itu Zulfan juga menyampaikan bahwa di Embarkasi Medan tahun ini sudah dibuka Bidang Konsultasi Ibadah diisi petugas PPIH Sumut. Ruang Konsultasi Ibadah berada di Hotel Munawarah Lantai 5. “Jadi tahun ini sudah ada petugas-petugas kita yang dipersiapkan untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan jamaah terkait manasyik haji, fiqih haji dan lain lain. Ruang dibuka sejak hari pertama dan hingga sekarang sudah banyak jamaah calon haji yang bertanya,” jelas Zulfan.
Terakhir lanjut Sekretaris PPIH ini, ia berpesan kepada seluruh jamaah agar tetap jaga kesehatan. “Sebab sama kita ketahui bahwa cuaca dan suhu udara di Saudi Arabia cukup panas. Jadi jamaah diharapkan menjaga kesehatan fisik, banyak minum air dan banyak makan buah. Itu intinya,” tutup Zulfan. (Fajar)