Sen. Jun 17th, 2024

MediaSumut24.com, Karo.– Polres Tanah Karo mengikukti rangkaian peringatan hari Kebangkitan Nasional ke 116. Rangkaian peringatan ini dilaksanakan mulai dari Upacara Bendera yang dilaksanakan di halaman Kantor Bupati Karo, Senin(20/05/2024) pukul 07.45 WIB, kemudian dilanjutkan Ziarah Makam Pahlawan di Taman Makam Pahlawan Kabanjahe.

Pada pembukaan peringatan hari kebangkitan, dilaksanakan dengam Upacara Bendera yang diikuti oleh TNI Polri dan Pemda Karo serta para pelajar Kec. Kabanjahe, yang dipimpin Dandim 0205 TK Letkol Inf. Ahmad Afryan Rangkuti, sebagai inspektur upacara.

Setelah pelaksanaan Upacara Bendera, kegiatan dilanjutkan dengan Upacara Ziarah Makam Pahlawan, yang dipimpin Kapolres Tanah Karo AKBP Wahyudi Rahman, S.H, S.I.K, M.M, sebagai inspektur upacara.

Kapolres Tanah Karo mengatakan, dalam mempringati hari kebangkitan nasional, untuk tidak hanya melaksanakan secara sebatas seremonial saja. Dirinya menjelaskan pentingnya semangat nasionalisme dan refleksi atas sejarah bangsa.

“Kita ingat bahwa pada tanggal 20 Mei 1998 lalu, perjalanan Boedi Oetomo merupakan sebagai titik awal kebangkitan nasional. Di masa sekarang sudah seharusnya kita bangkit kembali untuk menghadapi tantangan masa sekarang untuk membawa Bangsa Indonesia menuju lebih maju dan sejahtera”, kata Kapolres.

Beliau menegaskan bahwa, semua kalangan harus berperan dan menumbuhkan semangat nasionalisme untuk mendukung kemajuan bangsa. “Di peringatan Harkitnas ini, mari kita semua mengambil peran masing masing untuk berkontribusi mendukung kemajuan bangsa, setidaknya di lingkungan tempat tinggal kita masing masing”, ajak Kapolres.

Pada rangkaian kegiatan harkitnas ini turut dihadiri Forkopimda Karo, Bupati Cory Sriwaty Sebayang, Wakil Bupati Theopilus Ginting dan perwakilan dari Kejari Karo, Yonif 125 SMB dan para pimpinan OPD Pemda Karo. (Zul)