Sen. Jun 17th, 2024

MediaSumut24.com, Medan. •Sejumlah pejabat memasuki Aula Madinatul Hujaj, Asrama Haji Medan sekira pukul 21.00 WIB pada Sabtu (25/05/2024) pertanda upacara pelepasan Jamaah Calon Haji (JCH) Kloter 12 asal Deli Serdang menuju Bandara Kualanamu untuk kemudian take off ke Jeddah Saudi Arabia.

Diawali pembacaan doa dipimpin petugas haji Kloter 12 kemudian sepatah dua kata sambutan dari Pj Bupati Deli Serdang diwakili Asisten I Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah Kabupaten Deli Serdang, DR Drs H Citra Effendi Capah MSi. Ia mengatakan bahwa kita semua patut bersyukur
untuk acara pemberangkatan jamaah calon haji asal Deli Serdang. “Salam dari Pak Bupati kepada bapak ibu sekalian para jamaah calon haji Deli Serdang,” katanya.

Pj Bupati Deli Serdang berpesan kepada semua jamaah harus jaga kesehatan. Yang utama jaga makanan apalagi cuaca panas. Kedua kiranya fokus ibadah, tak usah pikirkan hal-hal lain. Para jamaah harus meminimalisir menggunakan HP. Ketiga tak usah khawatir dengan keluarga yang ditinggal. Pemkab dan seluruh jajaran pemerintahan sampai ke tingkat desa akan monitor, mantau dan melihat para keluarga jamaah yang ditinggal.

“Tak usah pikirkan keluarga, kami selalu pantau situasi itu mulai dari tingkat kabupaten sampai ke tingkat desa. Mudah-mudahan jamaah dapat melaksanakan ibadah dan mendapat haji mabrur. Berangkat sehat kembali juga dalam keadaan sehat. Doakan kami pemerintah dan masyarakat Sumatera Utara khususnya Deli Serdang dalam keadaan aman dan baik-baik. Selamat jalan para jamaah,” ujar Capah.

Sementara Anggota DPD RI,H Dedi Iskandar Batubara dalam sambutannya, arahan sekaligus pelepasan mengatakan semua jamaah calon haji Kloter 12 asal Deli Serdang, dijaga Allah dan mendapat predikat hajij mabrur. “Saya pada 12 Mei 2024 bertugas di Jeddah untuk pastikan 241.000 jamaah calon haji seluruh Indonesia yang merupakan jamaah terbesar di dunia terakomodir dan mantaf,” ujarnya.

Persiapan Kementerian Agama RI dan seluruh perangkat seperti Garuda, tranportasi, akomodasi dan tempat sudah disiapkan dengan baik. “Bila kita ada menemukan situasi dan kondisi yang kurang baik hal itu kita akan teruskan untuk perbaiki tahun depan. Soal makan, hotel dan akomodasi semuanya sudah dipersiapkan.dengan baik. Tak usah khawatir. Kepada pelaksana haji kami ucapkan selamat, kepada seluruh jamaah mudah-mudahan sehat dan dapat jumpa lagi di tempat ini saat kembali ke tanah air. Labbaik Allahumma labbaik…..,” tutup Dedi sambil bertalbiah.
Hadir sejumlah pejabat dari daerah dan Kementerian Agama Sumut diantaranya Kadinkes Sumut Rusdin Pinem, Kabag TU, Kemenag Sumut HM Yunus, Kabag Kesra Pemkab Deli Serdang Syahrul MPd , Sekretaris PPIH Medan H Zulfan Effendi, Plt Kakan Kemenag Deli Serdang, H Fachrizal SHI MSi dan lainnya. (Fajar Trihatya)