Sen. Jun 17th, 2024

MediaSumut24.com, Karo. – Polres Tanah Karo menggelar upacara peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2024, dengan khidmat di halaman Mapolres Tanah Karo, hari ini, Minggu (01/06/24) pagi.

Upacara ini dipimpin oleh Waka Polres Kompol Zulham, S.H, S. Kom, M.H, M.M, dan dihadiri para Pejabat utama, perwira dan personel serta asn Polres Tanah Karo.

Dalam upacara tersebut, Waka Polres membacakan sambutan Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Republik Indonesia Yudian Wahyudi.

“Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2024 ini mengambil tema ‚ÄúPancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045”, bacanya.

Dilanjutkannya, bahwa tema ini mengandung maksud bahwa Pancasila menyatukan kita dengan segala perbedaan suku, agama, budaya, dan bahasa dalam menyongsong 100 tahun Indonesia Emas yang maju, mandiri dan berdaulat.

“Patut kita syukuri sebagai sebuah bangsa yang majemuk, Pancasila dan nilai nilai yang dikandungnya menjadi bintang yang memandu kehidupan bangsa agar sesuai dengan cita-cita pendirian negara”, kata Waka Polres.

Kemudian, dalam momentum yang sangat bersejarah ini, dirinya mengajak komponen bangsa dimana pun berada untuk bahu membahu membumikan nilai nilai Pancasila ke dalam setiap aspek kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

“Pancasila harus senantiasa kita jiwai dan pedomani agar menjadi ideologi yang bekerja, yang dirasakan kehadiran dan manfaatnya oleh seluruh tumpah darah Indonesia”, ajaknya.

Mengakhiri pidato, dibacakannya, kami mengajak seluruh komponen bangsa untuk bersama-sama bergotong royong merawat anugerah Pancasila melalui peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni. Kita harus bekerja sama dan berkolaborasi menjaga kerukunan dan keutuhan sebagai wujud pengamalan nilai-nilai Pancasila.

“Semoga peringatan Hari Lahir Pancasila ini dapat memompa semangat kita semua untuk terus mengamalkan Pancasila demi Indonesia yang maju, adil, makmur, dan berwibawa di kancah dunia”, tutupnya.
( Zul )