Sen. Jun 17th, 2024

MediaSumut24.com, Medan. •Jamaah calon haji yang tergabung dalam Kloter 18 asal Tapanuli Tengah (Tapteng), Medan Dairi dan Mandailing Natal (Madina) sejumlah 360 orang, Sabtu (1/6/2024) dilepas keberangkatannya menuju Bandara Kiuala Namu Medan dan take off menuju Jeddah Saudi Arabia.

Diawali pembacaan doa oleh petugas TPIH, Plt Bupati Tapteng melalui Asisten Erman Syahrin Lubis mengatakan hari ini hari yang sangat suci sebab para jamaah calon haji akan berangkat ke Tanah Suci. Gabungan jamaah dari Medan, Tapteng, Dairi dan Madina menjalankan Rukun Islam kelima. “Pemkab Tapteng mengucapkan selamat jalan kepada bapak ibu para jamaah Tapteng, Medan, Dairi dan Madina. Semoga bapak ibu dalam melaksanakan perjalanan haji ke Tanah Suci diberikan kesehatan, keberkahan, kenikmatan dan kebahagian tanpa ada kurang satu apapun. Demikian juga saat kembali dari Tanah Suci ke daerah masing-masing dalam keadaan sehat dan tak kurang satu apapun. “Doakan kami sebagai yang bertugas menyelenggarakan amanah negara dapat mengerjakannya dengan baik. Semoga bapak ibu dapat mengerjakan ibadah haji sebaik-baiknya, lancar dan sukses,” ujarnya.
Dikatakan, di Tanah Suci jangan lagi memikirkan hal-hal lain di Tanah Air supaya fokus.mengerjakan ibadah haji. Saya harap bapak ibu kompak di Tanah Suci dalam mengerjakan ibadah haji ini. Tinggalkan jabatan status dan jabatan, tinggalkan kekayaan dan semua yang ada pada diri kita selama di Tanah Suci. Semoga semua dalam keadaan suci semoga para tamu Allah lancar menyelenggarakan ibadah suci ini. Selamat berangkat ke Makkah dan selamat juga kembali ke Tanah Air. Demikian saya sampaikan mewakili kepala daerah Medan, Dairi dan Tateng,” tutupnya.

Sementara Pejabat (Pj) Gubernur Sumatera Utara diwakili Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Sosial Pemprovsu Drs Basyarin Yunus Tanjung, MSi, melepas keberangkatan Jamaah Calon Haji Kelompok Terbang 18 yang berasal dari Kota Medan, Kabupaten Tapanuli Tengah, Kabupaten Dairi dan Kabupaten Mandailing Natal.

Dalam sambutannya Pj Gubernur Sumut mengingatkan, agar seluruh jamaah calon haji Kloter 18 fokus menjalankan ibadah haji secara khusyuk, menjaga kesehatan dan bukan diniatkan pada lainnya.

“Kami berharap seluruh jamaah calon haji Kloter 18 niatkan perjalanan haji ini untuk ibadah bukan ada hal lain, hilangkan semua ego pribadi, kelompok dan jabatan, serta patuh dan mengikuti aturan yang diberlakukan pemerintah Arab Saudi, agar tidak terjadi hal-hal yang menganggu khusyukan ibadah, jaga kesehatan dan banyaklah termohon ampun kepada Allah SWT,”ujar Pj Gubernur Sumut yang diwakili Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Sosial Pemprovsu Drs Basyarin Yunus Tanjung, MSi saat melepas Kloter 18.

Disamping itu diingatkan khusus petugas haji agar betul-betul memperhatikan seluruh jamaah dan membantu jika mereka (jamaah calon haji) mendapatkan kesulitan saat berada di tanah suci, khususnya para jamaah lanjut usia (lansia).

“Khusus kepada para petugas haji baik dari Pemprov Sumut maupun Kabupaten dan Kota, agar betul-betul memperhatikan jamaah, bantu mereka jika mendapatkan kesulitan, terkhusus untuk jamaah lansia, kami berpesan sekaligus menitipkan mereka (lansia) agar diperhatikan secara sungguh-sungguh dan bantu jika mereka ada kesulitan,”sambung Pj seperti di sampaikan Asisten Pemerintahan dan Kesos. (Fajar)