Sen. Jun 17th, 2024

MediaSumut24.com, Medan. •Sebanyak 360 jamaah calon haji asal kota Medan dari KBIHU Al Adliyah dan Kabupaten Simalungun dilepas keberangkatannya menuju Bandara Kuala Namu Deli Serdang. Acara.pelepasan keberangkatan jamaah calon haji digelar di Aula Madinatul Hujaj, Asrama Haji Medan pada Minggu (2/6/2024).
Hadir dalam acara pelepasan jamaah calon haji Kloter 19 itu antara lain Tokoh Masyarakat, Presiden Rahmat Foundation yang juga Konsulat Kehormatan Turkey, DR H Rahmat Shah, Kakanwil Kemenag Sumut, H Ahmad Qosbi Nasution SAg MM, Sekretaris PPIH Embarkasi Medan Zulfan Effendi, Kakan Kemenag Simalungun, DR H Ahmad Sofian MA, Plh Kakan Kemenag Medan, H Untung Nasution, Kasi PHU Kemenag Medan, H Bambang Irawan Hutasuhut dan lainnya.

Konsulat Kehormatan Turkey, Rahmat Shah saat acara melepas jamaah Kloter 19 dalam bimbingan dan arahannya mengatakan, pertama bersyukur kehadirat Allah SWT dapat berkumpul bahwa bapak ibu berangkat haji semoga baik dan lancar. Bagi petugas haji Kloter 19 Medan Simalungun juga diucapkan terima kasih. Pesan kami agar jaga emosi antara suami istri, bersaudara, berkawan.dan orang tua jaga emosi. Sebab disana banyak godaan dan banyak cobaan. “Godaan dan cobaan itu sangat besar, jadi harus dijaga, banyak berdoa, istighfar. Sebab bila demikian, apa yang kita impikan dan inginkan bisa dapat tercapai.
Rahmat juga mengingatkan jamaah Kloter 19 jangan lupa beristirahat. Beribadah lah semampu kita.
“Saya banyak kegiatan, ada 10. Alhamdulillah tidak punya musuh karena menjaga kebersamaan. Jadi jamaah juga harus menjaga kebersamaan,” urai Rahmat yang memiliki 900 lebih penghargaan dari dalam luar negeri dan seluruh dunia.

Jadi kata dia keberhasilan itu bisa kita dapat dari orang tua, ajak sesama tolong menolong dan komunikasi dengan para sahabat. Kebersamaan perlu dijaga dan atas segalanya. Jaga itu untuk kita nikmat beribadah. Jaga citra keluarga, jaga citra daerah, citra bangsa dan negara kita. Janganlah jamaah photo photo saat beribadah. Jangan gara gara hal kecil, citra kita dikecilkan di masyarakat. Jaga etika kita berbangsa dan bernegara, jaga ibadah haji secara khusuk dan tidak pelit berkomunikasi.
Satu hal lagi saya ingatkan para jamaah calon haji jangan beli barang berlebihan dari Makkah maupun Madinah. Sebab di Medan banyak dijual dan harganya pun lebih murah. “Ada sekira 80 persen barang dijual disini. Makanya tak usah beli-beli, bapak ibu ibadah saja,” ujar Rahmat.

Sebelumnya Kakanwil Kemenag Sumut, H Ahmad Qosbi Nasution mengatakan, diharapkan para jamaah calon haji tidak ada membeda-bedakan daerah. Kita berangkat atas nama Provinsi Sumatera Utara. Sampai hari ini sudah 6.788 jamaah kita berangkatkan ke Tanah Suci dari 8.746 kewajiban Embarkasi Medan, tinggal 1.958 di sisa 6 kloter. Alhamdulillah Sumut kuat, sehat dan dalam lindungan Allah SWT. Mudah-mudahan jamaah Sumut utuh berangkat dan utuh kembali. Niatkan kalau bisa menolong, membantu orang lain, maka bantulah. Karena kita adalah sama-sama tamu Allah. Kami doakan selamat jalan, sehat-sehat dan menjadi haji mabrur mabrurah,” tutup Qosbi. (Fajar)