Sen. Jun 17th, 2024

MediaSumut24.com, Medan. •Sebanyak 493 jamaah calon haji asal Kota Padangsidimpuan akan menunaikan ibadah haji ke Tanah Suci tahun ini, mereka tergabung di Kloter 20 dan 21. Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Padangdidimpuan Masir Rambe mengatakan, rombongan jamaah calon haji Kota Padangsidimpuan tiba di Asrama Haji Medan pukul 07.00 WIB dengan menggunakan bus dengan waktu tempuh 12 jam, pada Senin (3/6/2024).

“Jamaah calon haji Kota Padangsidimpuan tergabung pada Kloter 20 yang membawa 351 jemaah bersama petugas ini tiba beriringan di Asrama Haji Medan dengan Kloter 21 juga asal Padangsidimpuan yang membawa 142 jamaah,” ungkapnya.

Masir Rambe menjelaskan, jamah calon haji asal Kota Padangsidimpuan ada dua kloter yakni kloter 20 dan 21. Untuk mempermudah proses pelepasan jamaah oleh pejabat daerah maka pelepasan dilaksanakan bersamaan dan jamaah kloter 21 yang ikut serta dalam rombongan Kloter 20 diinapkan di Asrama Haji, selanjutnya mengikuti proses masuk asrama pada Selasa 4 Juni 2024.

“Biaya transportasi jamaah haji ditanggung oleh Pemerintah Kota Padangsidimpuan. Penginapan jamaah haji kloter 21 di Asrama Haji Medan juga ditanggung Pemko Padangsidimpuan,” ujarnya.

Masir Rambe menyampaikan, jamaah haji Kota Padangsidimpuan ada dua kloter yaitu kloter 20 dan 21. Kedatangan ke Asrama Haji bersamaan. Hanya saja Kloter 20 proses masuk asrama Senin (3/6) dan kloter 21 pada Selasa(4/6). Alhamdulillah perjalanan lancar dan jamaah tampak tenang walaupun perjalanan hingga 12 jam.

Selain itu, Kakankemenag berpesan agar jamaah saling membantu dan saling kordinasi dengan petugas. Ia berharap seluruh jamaah Padangsidimpuan untuk menjaga kekompakan, saling koordinasi dan saling membantu. Walaupun secara fisik terlihat kuat dan sehat, namun dampak perubahan cuaca di Tanah Suci mungkin saja mempengaruhi kesehatan.

“Petugas kesehatan di kloter inipun kami ingatkan untuk memantau kesehatan jamaah. Semoga dua kloter dari Padangsidempuan ini dapat melaksanakan seluruh rangkaian ibadah haji,” pungkasnya. (Hms/Fajar)