Sab. Jul 13th, 2024

MediaSumut24.com, MEDAN : UPT Asrama Haji Medan siap menerima kepulangan jamaah haji Embarkasi Medan 2024 dengan segala fasilitas dimiliki sesuai standa yang telah ditetapkan. “Sebagaimana pelayanan keberangkatan calon jamaah haji mulai Kloter 1 hingga Kloter akhir yang kita layani dengan sisitem one stop service dan segala kemampuan dan fasilitas dimiliki, demikian juga dengan kepulangan jamaah haji Embarkasi Medan dari Tanah Suci pada pekan depan. Kita siap dengan fasilitas dan kinerja yang dimiliki,” kata H Ramlan Sudarto kepada wartawan Sabtu (15/6/2024).
Saat keberangkatan katanya, pihaknya ada melaporkan beberapa kekurangan untuk pelayanan jamaah calon haji, yaitu berupa mobil golf untuk mengangkut jamaah calon haji saat tiba di Jabal Nur menuju penginapan Madinah Munawwarah. “Alhamdulillah permintaan yang kita bicarakan kepada Komisi VIII DPR RI melalui Marwan Dasopang kemudian disampaikan kepada Walikota Medan, langsung direspon. Kita mendapat 2 unit mobil golf untuk pinjam pakai selama musim haji dan itu sudah kita gunakan dan memang betul-betul dirasakan manfaatnya buat jamaah,” ujarnya.
Selain itu, permintaan selanjutnya ialah kita butuh selaras atau auning yang menghubungkan antara hotel dan aula pemberangkatan. Demikian juga antara gedung penginapan dengan ruang makan.”Ini perlu agar mobilitas jamaah tidak terkena dampak saat hujan maupun panas matahari. Jadi saat jamaah masuk aula pemberamgkatan dan menuju ruang makan walau saat hujan dan panas tidak terganggu karena sudah ada Selasar atau auningnya,” ujar Ramlan.
Untuk musim haji tahun depan kita akan persiapkan selasar atau auning tersebut dan sejumlah kebutuhan lainnya guna memberikan pelayanan yang terbaik bagi jamaah.

Selain itu ke depan kita minta dari pihak penerbangan memberikan edukasi tentang pesawat kepada para jamaah seperti mengatasi turbulensi, sikap dan cara ke kamar mandi serta yang lainnya.”Edukasi ini perlu diberikan kepada KBIHU dan jamaah agar mereka lebih paham,” ujarnya.

Sembelih 6 ekor hewan qurban

Sementara dalam memeriahkan Hari Raya Idul Adha 2024, keluarga besar UPT Asrama Haji Medan menyembelih sekira 6 ekor lembu di komplek Ahmed pada Senin (17/6/2024). Lembu lembu tersebut merupakan qurban dari para pegawai dan karyawan UPT Asrama Haji Medan.
“Daging hewan qurban itu akan kita bagi-bagikani kepada pihak yang berkurban, para pegawai UPT Asrama Haji Medan dan para tetangga yang bermukim di kawasan asrama,” kata Ramlan Sudarto usai Shalat Idul Adha di Masjid Al Ikhlas Jalan Karya Tani Medan. (Fajar)