Sab. Jul 13th, 2024

MediaSumut24.com, Medan. •Kloter I jamaah haji debarkasi Medan tiba di Tanah Air pada Senin (24/6/2024) dini hari. Setibanya di Bandara Kualanamu Deliserdang, jamaah haji yang berasal dari Kabupaten Asahan ini langsung dibawa ke Asrama Haji Medan. Di bandara kepulangan tamu Allah ini disambut hujan yang penuh rahmat dan ketika masuk Ke Asrama Haji Medan, azan Subuh pun berkumandang seolah menyambut kepulangan para dhuyifurrahman tersebut.

“Kita berharap jamaah haji Sumatera Utara, khususnya dari Kabupaten Asahan yang pulang hari ini, dapat merawat dan menjaga predikat Haji Mabrur dan Mabruroh. Kami berharap mereka membawa kedamaian dan ketenangan di keluarga, lingkungan, dan tempat kerja mereka,” ucap Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Sumut, Ahmad Qosby Nasution usai menyambut kedatangan jamaah haji Kloter I ini di Asrama Haji Medan.

Ahmad Qosby juga menekankan pentingnya para jamaah haji ini membentuk majelis taklim di tingkat kabupaten atau kecamatan untuk melaksanakan doa dan zikir demi keselamatan diri, keluarga, serta bangsa dan negara. “Kami berharap para jamaah haji dapat terus merawat Mabrur dan Mabruroh Haji itu. Salah satunya adalah membentuk pengajian untuk silaturahmi dan menjaga ukhuwah” tambahnya.

Terkait dengan kondisi jamaah haji selama pelaksanaan ibadah haji, Ahmad Qosby mengungkapkan bahwa ada 14 jamaah haji asal Sumut yang meninggal di tanah suci. “Mudah-mudahan kita berharap semoga jamaah yang dipanggil Allah ini menjadi orang yang saleh dan saleha, karena mereka melaksanakan rukun Islam yang kelima, ibadah haji,” ujarnya.

Ahmad Qosby juga menjelaskan, proses asuransi bagi jamaah haji yang meninggal dunia diserahkan ke Kemenag masing masing. Pihaknya membantu agar cepat selesai. “Proses asuransi akan diarahkan ke kabupaten atau kota untuk disampaikan ke keluarga. Administrasinya akan kami bantu, dan uang asuransi akan dikembalikan ke rekening jamaah yang bersangkutan,” jelasnya.

Selain itu, Ahmad Qosby memastikan bahwa proses penyambutan jamaah haji dilakukan dengan tertib dan rapi. “Kami atur agar jamaah tidak perlu mencari-cari koper mereka. Petugas akan mengatur pengambilan koper sesuai nomor urut, sehingga prosesnya lebih cepat dan efisien,” tutupnya.

Kedatangan kloter pertama ini menandai dimulainya fase pemulangan jamaah haji Sumut, yang diharapkan berjalan lancar hingga kloter terakhir.
Hadir dalam penyambutan jamaah haji Kloter I tersebut antara lain Pj Gubsu diwakili Asisten Perekonomian dan Pembangunan Dr Agus Tri Priyono SE MSi, Kakanwil Kemenag Sumut, H Ahmad Qosbi Nasution, Wabup Asahan Taufik Zainal Abidin SSos MSi, Kabag TU Kanwil Kemenag Sumut, Drs Muhammad Yunus MA, Kabid PHU Kanwil Kemenag Sumut, Dr H Zulfan Effendi MSi, Kakan Kemenag Asahan, Dr H Syaripuddin Daulay MPd serta tamu lainnya. (Fajar Trihatya)