Sab. Jul 13th, 2024

MediaSumut24, Medan. •Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Lembaga Pemerhati Pelayanan Publik dan Sosial Indonesia (LP3SI), Jahyan E. Saragih, menekankan pentingnya meningkatkan kualitas pelayanan publik dan sosial di Indonesia.

Menurut Iyan, sapaan sehari-harinya, upaya serius dan terkoordinasi diperlukan untuk memastikan semua lapisan masyarakat dapat mengakses layanan dasar dengan baik.

“Pelayanan publik yang efektif dan efisien adalah pondasi masyarakat yang sehat dan produktif,” ujar Iyan, Selasa (2/7/2024).

Ia menambahkan bahwa hal ini mencakup sektor kesehatan, pendidikan, infrastruktur, keamanan, dan layanan sosial lainnya yang mendukung kehidupan sehari-hari.

Iyan juga menyoroti pentingnya transparansi dan akuntabilitas dalam pengelolaan dana publik. “Masyarakat berhak mengetahui penggunaan dana publik dan memastikan tidak ada penyalahgunaan atau korupsi,” katanya.

Lebih lanjut, Iyan mengajak pemerintah, swasta, dan masyarakat untuk bekerja sama dalam meningkatkan kualitas layanan publik dan sosial. “Sinergi antara semua pemangku kepentingan krusial dalam mencapai tujuan ini,” tambahnya.

Iyan mengidentifikasi beberapa tantangan, termasuk keterbatasan anggaran, birokrasi kompleks, dan kurangnya sumber daya manusia terampil. Namun, ia optimis tantangan ini dapat diatasi dengan komitmen dan kerja keras.

Menutup pernyataannya, Iyan berharap pemerintah terus berinovasi dan mengambil langkah konkret untuk memperbaiki pelayanan publik dan sosial di Indonesia. “Kami di LP3SI siap mendukung untuk mewujudkan pelayanan yang lebih baik bagi masyarakat,” tandasnya. (R.Harefa)