Jum. Sep 20th, 2024

MediaSumut24, Medan. –Di tengah kesibukannya yang cukup padat sebagai ketua rakyat yang menghadiri bayak acara, baik di daerah maupun pusat bahkan sampai ke luar negeri, Ketua DPRD Sumut, DR Sutarto MSi menyambut hangat dan apresiasi atas audensi Dewan Pimpinan Wilayah Ikatan Media Online (DPW IMO) Indonesia Provinsi Utara di aula ruang kerja lantai 2 DPRD Provinsi Sumatera Utara Kamis (15/8/2024). “Titip salam saya kepada seluruh jajaran DPW IMO Indonesia Sumut, kehadiran kawan,-kawan saat ini merupakan representasi dan mewakili IMO itu sendiri,” ujarnya bermula kata dalam ruangan itu.

Kata Sutarto, sebagai salah satu organisasi media, IMO yang memiliki ratusan pemilik media online, wartawan dan anggota adalah memiliki tugas dan fungsi strategis, yaitu sebagai media informasi, edukasi, hiburan dan sosial kontrol.

Sebagai media sosial kontrol, lanjut politisi dan dosen ini, media harus memperhatikan dan megkritisi secara konstruktif dan objektif terhadap kebijalan-kebijakan yang dibuat pemerintah.

“Sebab regulasi yang dibuat itu, objeknya adalah warga masyarakat. Jadi media bisa menjalankan fungsi tersebut dan juga sebagai media yang memiliki fungsi informasi,” ujarnya. Kami yakin, lanjut Sutarto, kawan kawan IMO karena berpengalaman di media maka mohon sampaikan informasi-informasi yang konstruktif. Karena masyarakat kita ini sangat hetorogen, berbeda-beda agama, sosio kulturalnya dan sukunya. “Karena mereka harus menerima informasi konstruktif dan objektif,” jelas dia.

Lalu media sebagai fungsi edukasi yaitu sama dengan media itu memberikan pencerahan, pembelajaran, pengayaan ilmu, pengayaan informasi kepada publik. “Kalau dulu tak ada media sosial tapi sekarang ini mulai dari anak-anak hingga orang dewasa sampai kepada emak-emak, semua pegang HP, semua memiliki HP,” jelasnya.

Apalagi sekarang ini eranya, era digital. Tak ada informasi yang tak didapat, semua bisa diketahui dan didapat dengan cepat dan bebas. Sampai ada pengalaman yang mengatakan dengan satu jari kita bisa melanglang buana mendapatkan informasi apa saja,” ujarnya lagi.Oleh karena itu sebagai harapan kita bersama bagaimana cara kita sebagai media dapat mengedukasi kepada masyarakat. Lalu media sebagai fungsi hiburan tentu para praktisinya bisa memerankan media sebagai yang memberi hiburan.

Selanjutnya kata dia, saat ini Sumut memiliki dua even besar nasional. Yaitu penyelenggaraan PON XXI, Sumut sebagai tuan rumah dan Pilkada serentak di seluruh Tanah Air. “Kami minta dan mengajak media terutama rekan-rekan IMO untuk menyampaikan informasi-informasi ini lebih, sosialisasikan dan ajak masyarakat untuk bisa mensukseskan PON XXI. Sebab PON ini baru kita bisa jadi tuan rumah setelah 71 tahun lalu pada 1953. “Untuk itu kami minta teman-teman IMO mensosialisasikan agenda nasional ini secara informatif dengan memberikan informasi-informasi tentang penyelenggaran PON 21. Sekaligus sebagai peserta Sumut mentargetkan masuk empat besar. Loh kenapa tak ranking satu, semua daerah pasti mau ranking satu, tapi kita harus realistis melihat kemampuan, presentasi dan lainnya,” ujarnya.

Even kedua berskala nasional kata Sutarto adalah Pilkada serentak. Hal ini sebagai yang pertama di Indonesia bahkan di dunia kita laksanakan Pemilu serentak dalam satu hari. Harapan kita bersama agar IMO dan seluruh jajarannya dapat memberikan informasi-informasi serta edukasi-edukasi sehingga Pemilu 2024 ini berjalan aman, sukses dan lancar dan menghasilkan pemimpin yang amanah dan mampu membangun Indonesia.

Apalagi media memiliki coverage area yang luas sampai ke desa-desa. Karenanya media harus lebih objektif dan komprehensif dalam menyampaikan informasi-informasi kepada publik. Tentu ini semua bagi DPRD Sumut adalah kemitraan positif. Karena apa-apa yang dilakukan teman-teman di Dewan sebagai wakil rakyat akan diinformasikan sehingga media menjadi mitra strategis bagi DPRD Sumut. Dan selanjutnya bagaimana kita bisa lebih positif dalam membangun kemitraan. Sebab kita memiliki tupoksi masing-masing.

Sementara Ketua DPW IMO Indonesia Sumatera Utara, HA Nuar Erde mengatakan pertemuan tersebut adalah guna meningkatkan silaturahmi sekaligus memohonkan pendapat dan nasihat. Dilaporkan juga DPW IMO Indonesia Sumatera Utara adalah perpanjangan tangan DPP IMO di daerah dan Ketua DPRD Sumut adalah salah satu Dewan Penasehat.

“DPW IMO Indonesia Sumatera Utara siap bersinerji dan bermitra dengan lembaga wakil rakyat ini. Dan kami pun siap mensukseskan penyelenggaraan PON XXI dan Pilkada serentak,” tutup HA Nuar Erde didampingi Sekretaris Fajar Trihatya bersama pengurus lainnya yaitu Supardi, Irene Sinaga, Rafika Duri dan Luis. Acara yang penuh keakraban tersebut diakhiri dengan photo dan santap siang bersama.

(R.Harefa)