Kam. Sep 19th, 2024

MediaSumut24, Karo. – Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia ke-79 di Kabupaten Karo berlangsung dengan penuh khidmat. Seperti tahun tahun sebelumnya, upacara Detik Detik Proklamasi ini digelar, di Stadion Bola Samura, Kabanjahe, dipimpin langsung oleh Bupati Karo, Cory Seriwaty Sebayang, sebagai Inspektur Upacara, Sabtu(17/08/2024) pagi pukul 10.00 WIB.

Hadir seluruh Forkopimda Karo, diantaranya Ketua DPRD Karo Iriani Br Tarigan, Wakil Bupati Karo Theopilus Ginting, Dandim 0205/TK Letkol Inf Ahmad Afrian Rangkuti, dan Kapolres Tanah Karo AKBP Eko Yulianto, Ketua Pengadilan Negeri Kabanjahe Cipto Hosari P. Nababan, S.H., M.H, Kajari Karo Darwis Burhansyah, S.H, M.H, Danyon 125/Simbisa diwakili oleh Lettu Lambok Malau dan Dansubdenpom I/2 – I Berastagi Kapten CPM Sudanto Juliardi serta sejumlah perwira TNI dan Polri, dan tokoh masyarakat.

Dalam upacara tersebut, Duplikat Sang Saka Merah Putih dikibarkan oleh Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Kabupaten Karo, diiringi lagu kebangsaan “Indonesia Raya.” Momen sakral ini ditandai dengan bunyi sirine sebagai penanda detik detik Proklamasi.

“Upacara berjalan lancar dan penuh dengan rasa nasionalisme. Kami sangat mengapresiasi partisipasi aktif dari seluruh elemen masyarakat yang turut serta dalam memperingati momen bersejarah ini,” ujar Kapolres Tanah Karo, AKBP Eko Yulianto.

Upacara ini diikuti oleh sekitar 2.000 peserta, termasuk perwakilan dari berbagai instansi dan organisasi, mulai dari TNI, Polri, ASN, Satpol PP, hingga pelajar dan pramuka. Setelah upacara selesai, seluruh peserta bersama dengan Forkopimda Karo melanjutkan rangkaian kegiatan dengan Pawai Deville, berkeliling kota Kabanjahe, yang semakin menambah semarak peringatan kemerdekaan.

Puncak acara berlangsung dengan tertib dan aman. Kapolres Tanah Karo memastikan bahwa pengamanan telah dilakukan secara maksimal untuk menjaga ketertiban selama perayaan HUT RI ke-79 di Kabupaten Karo.

“Pihak kepolisian bekerja sama dengan instansi terkait lainnya, telah bekerja keras untuk memastikan setiap rangkaian kegiatan berjalan aman dan kondusif. Kami berterima kasih kepada seluruh masyarakat atas kerja sama yang baik dalam perayaan kali ini,” tambah Kapolres AKBP Eko Yulianto.

Rangkaian peringatan HUT RI ke-79 di Kabupaten Karo ini diharapkan dapat meningkatkan semangat kebangsaan dan cinta tanah air di kalangan masyarakat, khususnya di Kabupaten Karo.

( TIM)