Kam. Sep 19th, 2024

MediaSumut24, Medan. –Pembimas Katolik Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Utara Marihuttua Pasaribu, S.Ag.,M.Si mewakili Kepala Kantor Kementerian Agama Provinsi Sumatera Utara H. Ahmad Qosbi, S.Ag.,7MM menghadiri undangan sekaligus memberikan kata sambutan pada Musyawarah Daerah (Musda) Lembaga Pembinaan dan Pengembangan Pesparani Katolik Daerah (LP3KD) se-Provinsi Sumatera Utara yang berlangsung di Hotel JTS – Samosir Parbaba, Situngkir, Kec. Pangururan, Kabupaten Samosir, Jumat (30/8).

Pembimas Katolik mengatakan, Bimas Katolik sebagai bagian dari Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sumatera Utara selaku instansi Pemerintah yang bertugas di bidang kehidupan agama dan keagamaan bagi masyarakat Katolik sungguh menyambut baik dan sangat mengapresiasi pelaksanaan Musda yang menghadirkan seluruh pengurus LP3KD se-Provinsi Sumatera Utara.

Marihuttua Pasaribu menyampaikan bahwa Musda sebagai kekuasaan tertinggi dalam merumuskan kebijakan dan program strategis organisasi merupakan kesempatan emas untuk mengevaluasi, menyusun rencana kerja, dan merumuskan strategi baru. Untuk itu selaku Pembimas Katolik, beliau berharap agar para pengurus LP3KD bekerja optimal dan selalu berkoordinasi dengan Pemerintah dan hirarki gereja.

“Para Pengurus LP3KD ini dapat bekerja secara lebih maksimal lagi dan mungkin periu menemukan terobosan inovatif agar LP3KD Provinsi Sumatera Utara dapat berbicara di tingkat nasional dan diperhitungkan oleh kontingen LP3KD Provinsi lainnya,” ujarnya.

Musda ini dimaksudkan untuk mengakrabkan sesama pengurus, Gereja dan Pemerintah untuk selanjutnya bersama-sama memperkuat komitmen dalam mengelola dan memperkuat organisasi LP3KD. Musda LP3KD yang digelar kali ini mengangkat tema “Berjalan Bersama membangun Gereja dan Bangsa” dengan mengusung agenda antara lain : mengevaluasi pelaksanaan Pesparani 2023 dan menetapkan jadwal dan tuan rumah pelaksanaan Pesparani III tahun 2025.

Dalam kesempatan ini, Marihuttua Pasaribu tidak lupa mengajak para pengurus LP3KD untuk turut berpartisipasi mempromosikan dan mengimplementasikan moderasi beragama dalam kehidupan sehari-hari sebagai salah satu program prioritas Kementerian Agama.

Musda LP3KD ini dibuka secara resmi oleh Bupati Kabupaten Samosir diwakili oleh Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Kabupaten Samosir Unggul Sinaga disaksikan oleh Sekretaris Umum LP3KN Aloma Sarumaha (melalui zoom meeting), Ketua Umum LP3KD Provinsi Sumut Hendrik Sitompul, serta 15 LP3KD Kab/Kota dari 25 LP3KD Kab/Kota yang ada di Provinsi Sumatera Utara. (Rl/Fjr)