Sab. Jul 13th, 2024

MediaSumut24.com, Medan. – Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Ikatan Media Online (IMO) Indonesia Sumatera Utara (Sumut) melantik Kepengurusan Dewan Pimpinan Daerah (DPD) IMO Kabupaten Karo Periode 2024-2029 di Gedung Kesenian Taman Mejuah-juah Berastagi, Rabu (12/6/2024).

Turut hadir dalam acara pelantikan itu, Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) IMO Indonesia yang diwakili oleh Wakil Ketua Hasrul Daulay S.H., M.H., STP, Bupati Tanah Karo yang diwakili oleh Kepala Dinas Kominfo, Frans Leonardo S. STP, Tokoh Masyarakat Tanah Karo, Pengurus DPW IMO Sumut, serta pengurus dan anggota DPD IMO Kabupaten Karo, dan Aktivis lingkungan.

Wakil Ketua DPP IMO Indonesia, Hasrul Hasrul Daulay S.H., M.H., STP, dalam sambutannya mengapresiasi terbentuknya DPD IMO Kabupaten Karo, Hasrul mengatakan hal tersebut menjadi momentum penting untuk bangkitnya para jurnalis di Tanah Karo.

Hasrul juga menyampaikan ucapan selamatnya kepada pengurus DPD IMO Kabupaten Karo yang baru dilantik, dan berpesan agar dapat menjalankan roda organisasi IMO sesuai dengan kode etik jurnalistik dan membesarkan organisasi media online ini di Tanah Karo dengan bersinergi dengan semua instansi baik itu Pemerintah, BUMN, Kepolisian, TNI, mau pun Swasta serta aktivis dan organisasi media lainnya.

“Kita dari DPP IMO Indonesia mengucapkan selamat atas dilantiknya pengurus DPD IMO Kabupaten Karo Periode 2024-2029. Kita apresiasi atas terbentuknya IMO di Kabupaten Karo, dan kita ingin agar pengurus yang dilantik hari ini diharapkan dapat mengemban amanah dengan baik, menjaga integritas, dan menjunjung tinggi etika jurnalistik dan harus mampu bersinergi dengan semua instansi yang ada, baik pemerintah, BUMN, TNI-POLRI, maupun swasta serta aktivis lingkungan, dan organisasi media lainnya,” Jelas Hasrul yang juga merupakan mantan Ketua DPW IMO Sumut periode lalu.

” Saya merasa sangat terhormat bisa hadir di sini mewakili IMO Pusat. Kehadiran kita di sini menunjukkan semangat dan komitmen bersama dalam mengembangkan media online yang profesional, independen, dan berkualitas, ” lanjut Hasrul Daulay lagi.

Disamping sukses mengadakan pelantikan, untuk mengembangkan bakat dan pengetahuan para anggota dan pengurus baik di DPW maupun di DPD Karo, IMO Sumut bersama Pengurus Daerah yang baru dilantik menggelar Pendidikan Jurnalistik Tingkat Dasar Angkatan I.

Ketua DPW IMO Sumut, H. Ahmad Nuar Erde dalam sambutannya nya mengatakan, bahwa semenjak dirinya diamanahkan memimpin IMO Sumut, Pelantikan DPD Kabupaten Karo dan Pendidikan Jurnalistik yang digelar adalah yang pertama.

Erde menjelaskan lebih lanjut, Pendidikan Dasar Jurnalistik ini nantinya akan terus dibuat disetiap adanya Pelantikan DPD Kabupaten/Kota guna menambah pengetahuan, wawasan anggota dan pengurus IMO se Sumut terkait jurnalistik yang nantinya akan mampu bersaing dengan jurnalis dari media lainnya.

Erde mengaku bertekad ingin menjadikan seluruh kader dan anggota IMO dibawah kepemimpinan nya menjadi Jurnalis yang handal, profesional dan faham akan tugas dan fungsinya sebagai pemilik media, pemimpin redaksi, maupun wartawan.

“Alhamdulillah, saya bersyukur terlaksananya pelantikan DPD IMO Kabupaten Karo ini dan juga Pendidikan Jurnalistik Tingkat Dasar ini adalah yang pertama kalinya, Kita ingin menjadikan kader dan anggota IMO menjadi Jurnalis handal yang profesional. Yang mampu bersaing dan menjalankan tugas fungsinya sebagai pemilik media, pemimpin redaksi, redaktur, editor dan bahkan juga sebagai wartawan yang faham akan kode etik dana Undang-undang Pers,” Jelas Erde.

Didampingi Sekretaris DPW IMO Sumut Fajar Trihatya, SE, Nuar Erde menghimbau agar seluruh pengurus dan anggota bekerja sama untuk membangun dan membesarkan IMO di Tanah Karo, dan berharap kegiatan ini menjadi awal yang baik untuk penguatan peran media online di daerah tersebut.

Ketua DPD IMO Indonesia Tanah Karo Janwarista, dalam sambutannya menyampaikan rasa syukur dan terima kasih atas kepercayaan yang diberikan dan berjanji untuk membawa organisasi ini menuju masa depan yang lebih cerah dan terus mengembangkan jurnalisme yang berintegritas dan bermanfaat bagi masyarakat Tanah Karo.

” Saya ucapkan syukur dan juga terima kasih atas kepercayaan yang diberikan kepadanya untuk memimpin IMO Kabupaten Karo, saya berjanji akan membawa organisasi ini menuju masa depan yang lebih cerah dengan terus mengembangkan jurnalisme yang berintegritas dan bermanfaat bagi masyarakat Tanah Karo,” Jelas Janwarista didampingi Wakilnya Bahrin Tampu Bolon, Sekretaris Juliadi, dan Bendahara Nurzakiyah serta jajaran pengurus yang baru dilantik.

Sementara itu, Bupati Tanah Karo yang diwakili oleh Kepala Dinas Kominfo, Frans Leonardo S. STP, mengapresiasi dengan bangga dapat menghadiri pelantikan DPD IMO Kabupaten Karo dan berharap kehadiran organisasi media online ini dapat meningkatkan semangat dan kinerja jurnalis lokal.

“Saya sangat bangga dan berbahagia bisa menyaksikan pelantikan Pengurus DPD IMO Indonesia Tanah Karo hari ini. Kehadiran pengurus baru ini diharapkan dapat meningkatkan semangat dan kinerja para jurnalis di daerah Kabupaten Karo, ” jelas Frans.

Frans juga berharap para pengurus yang baru dilantik, dalam menjalankan tugas, agar ingat selalu memegang teguh prinsip-prinsip jurnalisme yang jujur, berimbang, dan bertanggung jawab. Ia juga mengucapkan Selamat atas dikukuhkannya kepengurusan DPD IMO Kabupaten Karo.

” Mari kita bangun sinergi yang kuat antara semua elemen IMO agar dapat memberikan kontribusi positif dalam pembangunan daerah Kabupaten Karo, dan akhirnya Saya mengucapkan Selamat atas dilantiknya Kepengurusan DPD IMO Kabupaten Karo.” Tutup Frans mengakhiri sambutannya.

Salah satu peserta Pendidikan Jurnalistik Tingkat Dasar Angkatan I asal Medan, Selamet Purba, menyampaikan rasa puasnya mengikuti kegiatan tersebut.

Selamat Purba yang juga merupakan pengurus DPW IMO Sumut mengaku mendapat banyak tambahan wawasan dan ilmu terkait jurnalistik.

” Pendidikan Dasar Jurnalistik ini bagus ya. saya mendapatkan wawasan baru dan bertambahnya ilmu terkait jurnalistik. sebagai peserta saya berharap kegiatan seperti ini dapat terus dilakukan,” Kata Selamat Purba. (Juliadi)