Sab. Jul 13th, 2024

MediaSumut24.com, Deli Serdang. Kompatir (Komunitas Pelanggan Air Perumda Tirtanadi) terus mendukung manajemen Perumda Tirtanadi dalam meningkatkan pelayanan prima kepada pelanggan airnya, salah satu bentuk dukungan Kompatir adalah menjadi fasilitasi kegiatan pelatihan pemasangan pipa sambungan rumah dengan material hdpe. Kegiatan ini dilaksanakan oleh Kompatir bekerja sama dengan Denya Learning Centre dengan pesertanya dari pegawai Cabang Perumda Tirtanadi bagian jaringan.

Ada sekitar 13 orang peserta dari Perumda Tirtanadi mengikuti pelatihan ini yang dilaksanakan di lokasi PT. Sinar Utama Nusantara Jl. Batang Kuis Tanjung Morawa pada hari Kamis 20-06-2024. PT. Sinar Utama Nusantara adalah pabrikan yang memproduksi pipa merk Denya, dimana Perumda Tirtanadi saat ini mengunakan pipa merk Denya dalam pelaksanaan konstruksi jaringan perpipaannya.

Dalam kata sambutan pembukaan acara pelatihan ini, Sekretaris Kompatir Harist Lubis, mengatakan : “ berdasarkan pengamatan Kompatir, Produk Denya ini sudah sangat baik dan sudah besertifikat SNI, sehingga memang layak Perumda Tirtanadi menggunakan produk Denya. Karena materialnya sudah baik, maka diperlukan cara-cara pemasangannya yang sesuai dengan prosedur yang benar pula. Oleh karena itu maka diperlukan pelatihannya sehingga tercapai hasil yang baik sesuai SOPnya “. Tujuan dari pelatihan ini adalah adalah bagian dari untuk peningkatan pelayanan prima kepada pelanggan air Perumda Tirtanadi dan juga untuk mengatasi kemungkinan terjadinya kebocoran pada sambungan pipa ke rumah pelanggannya, tambah Harist Lubis dalam kata sambutan pembukaan acara pelatihan tersebut.

Sementara itu Idham selaku Kadiv PKA Perumda Tirtanadi mewakili manajemen Perumda Tirtanadi dalam kata sambutan pembukaan acara pelatihan ini mengatakan, “ pelatihan yang dilaksanakan oleh Kompatir bekerja sama dengan Denya Learning Centre ini sangat berguna bagi para peserta untuk menambah pengetahuan tentang cara pemasangan yang benar pada sambungan baru, dan meminta kepada para peserta benar-benar serius dan tekun mengikuti pelatihan ini, kemudian hasil yang di dapat dari pelatihan ini bisa diterapkan dalam pelaksanan di lapangan”.

Acara pelatihan ini dilanjutkan dengan pemaparan terori dan praktek tentang tata cara pemasangan pipa dan fitting sambungan rumah oleh tim Denya Learning Centre, dengan para pemateri Dewi, Yuni, Yasir dan Eko. Para pemateri dari Denya Learning Centre ini sudah berpengalaman dan bersertifikasi. Materi yang disampaikan berupa tentang perpipaan, jenis penyambungan, proses penyambungan dan perawatannya. Selanjutnya dilaksanakan praktek penyambungan SR, pengujian penyambungan SR, dan evaluasi praktek penyambungan serta post test.

PLT. Direktur Utama Perumda Tirtanadi Ewin Putra ditengah kesibukannya, masih meluangkan waktu untuk menyaksikan acara pelatihan ini. Ewin Putra yang didampingi Kadiv. Perencana Perumda Tirtanadi Ali Ismail Siregar hadir diparuh waktu ketika para peserta sedang mengikuti praktek pelatihan penyambungan pipa sambungan rumah di laboratorium Denya. Ewin Putra meninjau fasilitas yang ada di tempat pelatihan dan peralatan yang dipergunakan dalam praktek pelatihan tersebut. Ewin Putra juga berkesempatan menyampaikan bimbingan dan arahan kepada para peserta pelatihan yang semuanya merupakan pegawai Perumda Tirtanadi. Pelatihan ini sangat penting untuk meningkatkan pelayanan prima kepada pelanggan air Perumda Tirtanadi dan menekan semaksimal mungkin kebocoran air pada sambungan rumah, ujar Ewin Putra. Kegiatan pelatihan ini jangan sampai hanya di tingkat pengawas Perumda Tirtanadi saja, tetapi yang lebih penting lagi adalah rekanan di lingkungan Perumda Tirtanadi sebagai pelaksana dari pekerjaan sambungan rumah ini, harus mengikuti pelatihan seperti ini, dan diharapkan kepada kepala-kepala cabang Perumda Tirtanadi supaya menginstruksi rekanan-rekanan yang bekerja sebagai pelaksana penyambungan pipa sambungan rumah untuk mengutus pesertanya mengikuti pelatihan seperti ini, yang nanti rekanan yang bersertifikasi yang hanya bisa diberi kesempatan untuk mengerjakan sambungan rumah ini, tambah Ewin Putra.

Kegiatan pelatihan ini ditutup oleh Ketua Harian Kompatir Fachroel Rozi, SH, MH, yang menekankan pentingnya pelatihan seperti ini, mengingat Perumda Tirtanadi akan mendapat bantuan Inpres 2024 penyambungan air sambungan rumah secara gratis diperkirakan pada bulan Juli 2024. Jadi dibutuhkan tenaga kerja yang terampil dan mampu mengerjakan sambungan rumah ini secara profesional. Penutupan kegiatan pelatihan ini dibarengi dengan penyerahan sertifikat telah mengikuti pelatihan kepada para peserta oleh Denya Learning Centre. (Fajar)